Gaji yang baik selalu menjadi harapan para pekerja. Banyak juga pekerja yang sampai bekerja di luar kota tempat tinggalnya,dengan harapan mendapat gaji yang lebih tinggi. Memiliki gaji yang baik memberi ketenangan apalagi di masa yang sulit seperti saat ini. Begitu juga warga Klaten yang tidak hanya bekerja di kotanya sendiri. Banyak juga warga Klaten yang bekerja di luar Klaten terutama di area Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sedulur pasti sering dengar pertanyaan ini,"Gaji kamu kerja sudah UMR belum?" Tahukah sedulur? Istilah UMR (Upah Minimum Regional) sudah tidak digunakan lagi. Istilah UMR sudah diganti dengan UMP (Upah Minimum Provinsi) dan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota).
UMP adalah upah minimum provinsi yang berlaku di seluruh wilayah yang berada di satu provinsi, termasuk kabupaten/kota. UMP ditetapkan oleh Gubernur.
UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota)
UMK atau upah minimum kabupaten/kota adalah standar minimum upah bagi pekerja yang berlaku di setiap kabupaten/kota. UMK masih ditetapkan oleh gubernur, akan tetapi pengajuannya dilakukan oleh walikota atau bupati.
Besaran UMP Jateng 2023 sudah diputuskan melalui Keputusan Gubernur Nomor 561 Tahun 2022 Tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 adalah sebesar Rp1.958.169,69.
Sedangkan Besaran UMP DI Yogyakarta 2023 sudah diputuskan melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 338/KEP/2022 Tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Tahun 2023 adalah sebesar Rp1.981.782,39.
Upah mininum kabupaten/kota merupakan standar minimum upah bagi pekerja yang berlaku di setiap kabupaten/kota yang pengajuannya dilakukan oleh walikota atau bupati untuk ditetapkan oleh gubernur. Kabar baiknya UMK Tahun 2023 untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah disahkan.
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengumumkan upah minimum kabupaten/kota tahun 2023. Ada 35 kabupaten/kota di Jateng yang telah diputuskan kenaikan UMK untuk 2023.
Berikut daftar lengkap UMK Jateng 2023:
1. Kab. Cilacap Rp 2.383.090,46. Naik Rp 152.358,962. Kab. Banyumas Rp 2.118.123,64. Naik Rp 134.861,80
3. Kab. Purbalingga Rp 2.130.980,94. Naik Rp 134.166,00
4. Kab. Kebumen Rp 2.035.890,04. Naik Rp 129.108,20
5. Kab. Purworejo Rp 2.043.902,33. Naik Rp 132.051,53
6. Kab. Wonosobo Rp 2.076.208,98. Naik Rp 144.923,65
7. Kab. Magelang Rp 2.236.776,91. Naik Rp 154.969,73
8. Kab. Boyolali Rp 2.155.712,29. Naik Rp 145.412,99
9. Kab. Klaten Rp 2.152.322,94. Naik Rp 136.699,58
10. Kab. Sukoharjo Rp 2.138.247,70. Naik Rp 140.094,52
11. Kab. Wonogiri Rp 1.968.448,32. Naik Rp 129.404,33
12. Kab. Karanganyar Rp 2.207.483,64. Naik Rp 143.170,44
13. Kab. Sragen Rp 1.969.569,00. Naik Rp 130.139,44
14. Kab. Grobogan Rp 2.029.569,04. Naik Rp 135.536,94
15. Kab. Blora Rp 2.040.080,17. Naik Rp 135.883,48
16. Kab. Rembang Rp 2.015.927,08. Naik Rp 141.605,03
17. Kab. Pati Rp 2.107.697,44. Naik Rp 139.358,40
18. Kab. Kudus Rp 2.439.813,98. Naik Rp 146.755,72
19. Kab. Jepara Rp 2.272.626,63. Naik Rp 164.223,52
20. Kab. Demak Rp 2.680.421,39. Naik Rp 167.415,50
21. Kab. Semarang Rp 2.480.988,00. Naik Rp 169.733,85
22. Kab. Temanggung Rp 2.027.569,32. Naik Rp 139.737,21
23. Kab. Kendal Rp 2.508.299,90. Naik Rp 167.987,62
24. Kab. Batang Rp 2.282.025,72. Naik Rp 149.490,70
25. Kab. Pekalongan Rp 2.247.345,90. Naik Rp 152.699,71
26. Kab. Pemalang Rp 2.081.783,00. Naik Rp 140.892,59
27. Kab. Tegal Rp 2.106.237,58 . Naik Rp 137.791,24
28. Kab. Brebes Rp 2.018.836,92. Naik Rp 133.817,53
29. Kota Magelang Rp 2.066.006,64. Naik Rp 130.093,37
30. Kota Surakarta Rp 2.174.169,00. Naik Rp 138.448,83
31. Kota Salatiga Rp 2.284.179,97. Naik Rp 155.656,78
32. Kota Semarang Rp 3.060.348,78. Naik Rp 225.327,49
33. Kota Pekalongan Rp 2.305.822,66. Naik Rp 149.608,89
34. Kota Tegal Rp 2.145.012,11. Naik Rp 139.081,59
35. Kab Banjarnegara Rp 1.958.169.69. Naik Rp 138.334,52.
- Kota Yogyakarta: Rp. 2.324.775,51 atau naik Rp. 170.806 dari UMK 2022 yaitu Rp. 2.153.970.
- Kabupaten Sleman: Rp. 2.159.519,22 atau naik Rp. 158.519 dari UMK 2022 yaitu Rp. 2.001.000.
- Kabupaten Bantul: Rp. 2.066.438,82 atau naik Rp. 149.591 dari UMK 2022 yaitu Rp. 1.916.848.
- Kabupaten Kulon Progo: Rp. 2.050.447,15 atau naik Rp. 146.172 dari UMK 2022 yaitu Rp. 1.904.275.
- Kabupaten Gunungkidul: Rp2.049.266,00 atau naik Rp. 149.226 dari UMK 2022 yaitu Rp. 1.900.000.


